Senin, 27 Februari 2012

Ruang Belajar Masyarakat (RBM)

Ruang Belajar Masyarakat (RBM) merupakan suatu kultur atau perilaku belajar yang terorganisir, terstruktur, sistematis dan terbentuk sebagai hasil pengkondisian ruang bersama yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat.
Yang bertujuan untuk meningkatkan atau mengembangkan kapasitas pelaku-pelaku PNPM-Mandiri Perdesaan tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten dan masyarakat umum/peduli.
Dana yang digunakan untuk kegiatan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) merupakan dana Bantuan Langsung Masyarakat Dana Operasional Kegiatan Ruang Belajar Masyarakat (BLM DOK RBM) yang bersifat stimulatif dan subsidi program. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas pelaku/masyarakat pada lingkup Kabupaten.
Kegiatan RBM PNPM-Mandiri Perdesaan Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2011 telah di awali dengan kegiatan Pra Workshop/sosialisasi awal dengan menggunakan dana swadaya dari BPPD KB Kabupaten Rokan Hulu pada tanggal 19 mei 2011. Dengan output pembentukan tim Pokja (Kelompok Kerja), yaitu ketua, sekretaris, bendahara, draft RAB RBM dan Spesimen RBM serta pembentukan Forum BKAD Kabupaten Rokan Hulu.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Koordinasi (TK) Kabupaten Rokan Hulu, Faselitator Kabupaten (Faskab), Fasilitator Kecamatan (FK) serta perwakilan dari unsur BKAD, BP-UPK, UPK, PL dan TPM masing-masing Kecamatan.
Pada musyawarah/rapat workshop ini dibentuk pengurus Pokja yang terdiri dari 5 (lima) Pokja, yaitu :
1.      Pokja Advokasi Hukum
-          Asep Solehudin,SHi
-          Suharto
-          Wagimin
2.      Pokja Bidang Kader Teknis
-          Undang Hudayana
-          M. Roziqon
-          Sudirman Zein
3.      Pokja Bidang Media
-          Husri
-          Theresia Irma.C
-          Misri
4.      Pokja Pemberdayaan Perempuan
-          Sri Rahayu Pane
-          Mesmeri
-          Hartati
5.      Pokja CBM
-          Kadeni
-          Sayun Syah
-           
Pada tanggal 12 s/d 13 november 2011 dilaksanakan Workshop II dan Workshop Penyusunan Modul Ruang Belajar Masyarakat (RBM). Hasil akhir dari Workshop ini tersusunnya Term Of Reference (TOR) atau kerangka acuan masing-masing Pokja, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) masing-masing Pokja.
Dan pada tanggal 12 s/d 13 Desember 2011 telah diadakan Training Of Trainer (TOT) Tenaga Pelatih Masyarakat (TPM) untuk seluruh pengurus Pokja dan TPM masing-masing Kecamatan. 
Dengan output terciptanya pelatih yang berkompeten, berdayaguna dan siap pakai dimasyarakat.
Setelah diadakan TOT TPM, masing-masing Pokja mulai melakukan persiapan untuk kegiatan-kegiatan masing-masing sebagai tindaklanjut dari RKTL yang telah disusun pada Workshop II dan Workshop Penyusunan Modul dibulan November 2011 yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar